Rabu, 18 Januari 2017

INDEKSASI JURNAL

INDEKSASI JURNAL
·         Pengertian indeks
Indeks merupakan alat yang digunakan dalam dunia Internet, yang bertujuan untuk mengatur dan memudahkan seseorang atau pengguna internt untuk menemukan konten yang mereka cari. Pada indeks jurnal, beberapa indeks menyediakan daftar judul jurnal, beserta link dan kategorisasi.

·         Pengindeks jurnal
Pengindeks jurnal merupakan sebuah sarana atau alat untuk mengindeks setiap jurnal yang di “publish” oleh peneliti atau ilmuan. Beberapa alat pengindeks jurnal ini memiliki persyaratan atau kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah jurnal atau karya ilmiah agar terindeks oleh alat pengindeks tersebut. Contoh pengindeks jurnal yang populer adalah DOAJ (The Directory of Open Access Journal) dan SCOPUS.

·         Tipe tipe pengindeks jurnal
Pengindeksan jurnal dibagi menjadi beberapa tipe antara lain :
a.      Search Engines
Search Engine adalah alat yang digunakan untuk membantu orang menemukan informasi di internet. Mesin pencari ini mengumpulkan kata kunci dari beberapa halaman web yang ada dan mencocokannya dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna mesin pencari tersebut.

pengindeksan jurnal melalui mesin pencari ini memiliki manfaat seperti memperluas pembaca atas jurnal yang belum memenuhi kriteria pada pengindeksan jurnal yang terkenal karena pengindeks jurnal terkenal memiliki kriteria yang begitu ketat, sehingga penulis jurnal pemula kesulitan untuk menerbitkan jurnal mereka.

b.      General Indexes
General Indexes biasanya membatasi diri untuk konten jurnal. Hanya jurnal yang terdaftar yang dikenal, seperti Comercial Ulrich atau Free New Jour. General Indexes Indeks umum juga dapat menjadi tempat yang baik untuk mencari jurnal yang ada dengan pencocokan.

General Indexes lain yang penting adalah direktori Open Access Jurnal (DOAJ). The DOAJ hanya indeks jurnal yang dapat diakses secara bebas, dan mengharuskan mereka untuk mematuhi standar jaminan kualitas tertentu.

c.       Quality Assured Indexes
Quality Assured Indexes adalah indeks yang memiliki kriteria kualitas tertentu dan semua jurnal harus memenuhi kriteria tersebut jika jurnal mereka ingin terindeks. Misalnya, untuk terindeks pada Medline jurnal harus menjamin bahwa memenuhi kriteria standar Medline yang meliputi kualitas dari jurnal yang diterbitkan.

Beberapa Jenis indeks ini dapat difokuskan pada disiplin ilmu tertentu, seperti PsycINFO untuk psikologi, sementara yang lain multidisiplin atau berfokus pada beberapa disiplin ilmu. Beberapa menggabungkan informasi dari ratusan jurnal, dan lain-lain hanya dapat mencakup metadata dari beberapa journal.

d.      Citation Indexes
Citation Indexes tidak hanya mencakup metadata dari jurnal (judul artikel, abstrak, penulis, dll), tetapi juga melacak kutipan dari artikel. Menggunakan indeks kutipan, Anda dapat melihat berapa kali artikel tertentu telah dikutip (atau direferensikan) oleh artikel lain dalam indeks.

Ada dua kutipan indeks utama: Thomson Reuters Web of Science (WOS) dan Scopus (dari Elsevier). Keduanya adalah produk berlangganan, sehingga meskipun ia bebas untuk diindeks oleh mereka, untuk menggunakan informasi mereka pengguna harus membayar langganan.

e.       Regional Indexes
Sesuai dengan namanya, indeks ini berfokus pada jurnal dari daerah tertentu di dunia. Contohnya termasuk Latindex untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Redalyc untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Scielo untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, Portugal, dan Afrika Selatan; dan Afrika Jurnal Online untuk Afrika.  Regional Indexes lainnya dapat ditemukan di situs web INASP JOLs. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia juga menyediakan indeks regional jurnal kesehatan dari kantor-kantor regionalnya, misalnya Medicus Indeks untuk Mediterania Timur Daerah (IMEMR).

Regional Indexes menyediakan Informasi penting pada penelitian dan publikasi dari negara atau wilayah Yang layak dan berpartisipasi di Regional Indexes. Mereka juga berguna dalam meningkatkan visibilitas dan membangun komunitas ilmiah lokal atau regional.

Berikut merupakan beberapa karya ilmiah yang terdaftar pada google scholar dengan kata kunci pencarian “universitas gunadarma” :
1.      Judul : Pembuatan Aplikasi E-voting Bem Fikti Universitas Gunadarma Berbasis Web
Penulis : Jesicca
Tahun : 2015
Penulisan karya ilmiah ini membahas tentang aplikasi berbasis website yang digunakan untuk pemungutan suara pemilihan ketua ataupun yang lainnya dalam ruang lingkup Badan Eksekutif Mahasiswa FIKTI.

2.      Judul : Faktor-faktor Penentu Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Kampus Salemba)
Penulis : Rani Avianti
Tahun : 2016
Karya ilmiah ini membahas tentang factor yang mempengaruhi seorang mahasiswa untuk berwirausaha daripada bekerja pada kantor yang telah ada.

3.      Judul : Hubungan Antara Adversity Quotient (aq) Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Sarmag Universitas Gunadarma
Penulis : Olga Febriani Purba
Tahun : 2015
Penulis memaparkan tentang hubungan antara AQ dengan prestasi yang diraih oleh mahasiswa program sarjana-magister Universitas gunadarma. AQ sendiri dapat disebut dengan kegigihan atau daya tahan seseorang dalam menghadapi sesuatu masalah.

4.      Judul : Aplikasi Virtual Reality Gedung 4 Kampus D Universitas Gunadarma Pada Windows7 Dengan Menggunakan Unity5
Penulis : Vicky Indahwati
Tahun : 2015
Penulis memiliki tujuan untuk mempermudah mahasiswa baru dalam mencari tahu letak atau ruang administrasi yang ada pada universitas gunadarma menggunakan teknologi Virtual Reality.

5.      Judul :             Website Aplikasi Pengisian Kuesioner Online Evaluasi Kinerja Dosen Universitas Gunadarma Menggunakan Php Dan Mysql
Penulis : M Hartono Nurcahyo
Tahun : 2015
Karya ilmiah ini membahas tentang pengisian kuesioner kinerja dosen yang selama ini masih menggunakan lembar kuesioner. Dengan aplikasi berbasis web dapat meminimalisir penggunaan kertas dan memudahkan dosen serta mahasiswa dalam pengevaluasian kinerja dosen.

6.      Judul : Hubungan Antara Kepribadian Openness Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Perantau DI Universitas Gunadarma
Penulis : Oktiviani
Tahun : 2015
Link: http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/12691/1/PPT%20SIDANG%20PI.pdf


7.      Judul : Aplikasi Augmented Reality Pada Obyek Gedung Kampus D Universitas Gunadarma Berbasis Android
Penulis : Agus Bayu Pratama
Tahun : 2016
Karya ilmiah ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa universitas gunadarma untuk mengetahui lebih dalam mengenai kampus D depok menggunakan aplikasi berbasis android serta menggunakan teknologi augmented reality.

8.      Judul : Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma
Penulis : Rani Puspita
Tahun : 2008
Penulis memaparkan tentang kesulitan dalam penjadwalan serta mengurangi tingkat kesalahan praktikan di dalam laboratorium. Sehingga dibuatlah system informasi aplikasi virtual lab untuk memudahkan praktikan mengakses informasi maupun melakukan ujian melalui aplikasi tersebut.

9.      Judul : Anti Plagiarism Application with Algorithm Karp-Rabin at Thesis in Gunadarma University
Penulis : A.B. Mutiara
Tahun : 2008
Penulis membuat sebuah aplikasi anti plagiat menggunakan algoritma karp-rabin sehingga meminimalisir tingkat plagiatisme terhadap suatu karya ilmiah yang merugikan penulis dan lainnya.

10.  Judul : Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Lingkungan Perpustakaan Universitas Gunadarma Berbasis Desktop
Penulis : Andiny Oktariana, dkk.
Tahun : 2014
Penulis ingin menampilkan ruangan dari perpustakaan universitas gunadarma menggunakan augmented reality melalui media brosur sehingga mahasiswa lebih tertarik untuk mengunjungi perpustakaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar